PENGERTIAN, PENYEBAB DAN GEJALA BATU EMPEDU

Pengertian Batu empedu 

Orang Kalo Bilang Batu empedu adalah berasal dari Kolesterol, Mie sehari-hari yang kita makan , mecin garam dan sambel yang mengenap di dalam empedu.Terbentuknya KRISTAL di saluran empedu manusia.bila Kantung empedu penuh maka akan lari ke besar kasus,Ato orang bilang usus 12 jari ato usus buntu. batu empedu kalo sudah penuh larinya ke radang lambung dan tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun, kalo di biarkan baru sakit maag ato sering sendawa hingga terkadang batu ini akan masuk ke ginjal orang bilang ( Gagal ginjal) menyumbat bagian ujung empedu ato orang bilang sudah stadium 4 sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat. Nyeri ini disebut dengan nyeri kolik, dan dapat bertahan sehingga berjam-jam.ato orang bilang kaya di tusuk dari belakang ato sakitnya sampe ke ulu hati .
Ukuran batu empedu ada 2 macam . Ada yang di bawah 1 cm (1) ato di atas 1 cm(2) kalo dibawah 1 cm sekecil butiran pasir biasa di ngomong lumpur , polip , sebesar butir kacang hijau ato Kristal sudah mulai mengeras ato membatu . apa bila di atas 1 cm yang sebesar bola pingpong hingga mencapai 5.6 cm. Jumlah batu yang terbentuk dalam kantong empedu juga bervariasi, misalnya ada orang yang hanya memiliki satu buah batu dan ada yang lebih banyak.( multiple ). Tidak perlu cemas . cari tau penyakitnya dengan men USG . abis itu telpon cari-cari info dengan telpon ke 0812-275-78807 dengan Bapak Andy Chen. Bapak Andy Chen mempunyai tanggung jawab memberi infomasi yang bapak ibu butuh kan soal jadi ga jadi bukan urusan Bapak Andy Chen. Bila ingin telpon siapkan kertas dan pulpen serta pertanyaan-Pertanyaan yang ingin di tanyakan serta cari tau produk serta harga pengiriman .

Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol ,asam urat , serta clot di jantung yang tertimbun dalam cairan empedu.(di bawah 1 cm ). Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara jumlah kolesterol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut hingga di timbulkan lifestyle yang tidak sehat ato pola makan yang tidak sesuai apa lagi di ibu kota yang padat dan macet .
Berikut adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu empedu:
 Faktor usia. Risiko penyakit batu ginjal ( lemah ginjal ) akan bertambah seiring usia. Penyakit ini umumnya dialami orang yang berusia di atas 40 tahun.( Pecernaan soak ) kurang tidur alias stress. Biasa terjadi di ibu kota .
 Jenis kelamin. Risiko wanita untuk terkena penyakit batu empedu lebih tinggi dibandingkan pria.di karenakan life style yang tidak seimbang pergi pagi pulang malam ( Kejar storan 😛)
 Dampak melahirkan. Wanita yang pernah melahirkan memiliki risiko lebih tinggi. Penyebabnya mungkin karena meningkatnya kadar kolesterol akibat perubahan hormon estrogen selama masa kehamilan sehingga kapasitas gula bisa di tampung lebih banyak ,mengakibatkan pencernaan overhaul . ( kurang olah raga )
Pengaruh berat badan. Risiko Anda akan meningkat jika mengalami kelebihan berat badan, obesitas, hingga penurunan berat badan drastic ,kejar diet secara berlebihan , hingga asupan makanan yang tidak sesuai alias stress.
Langkah Pengobatan Untuk Mengatasi Batu Empedu
Keberadaan batu empedu ( kristal ) seringkali tidak akan menimbulkan gejala, sehingga tidak memerlukan penanganan secara khusus. Tetapi jika menyebabkan gejala yang mengganggu atau jika terjadi komplikasi, penyakit ini harus ditangani, Sebelum Kristal membatu ato mengeras .

  • Kristal bisa ditangani dengan obat-obatan hingga bisa di lebur ,di luruhkan , di tekan keluar lewat bab.
  • Sering sekali para dokter bilang “ Walau fungsi organ ini penting, tubuh kita tetap bisa bertahan tanpa memilikinya. Tanpa kantong empedu, hati akan tetap mengeluarkan cairan empedu yang membantu dalam pencernaan lemak.” Apa akibatnya ??????
  • Sebagi contoh “Bila kita tidak ada empedu biasanya kita makan mie , biasanya keluarnya apa ?
  • Jawab : Tai kan .
  • Tetapi bila empedu di angkat di bypass lagsung ama empedu kita makan mie keluarnya mie utuh
  • Jawab ; Kenapa ?
  • Karena fungsinya empedu adalah untuk menyearap nutrisi yang ada di makanan ,bila empedu di angkat maka usu dan ginjal yang berkerja maka akibatnya lebih cepat radang usus ato gagal ginjal Karena kecapean mencerna makanan . maka itu kita di kasih empedu tentu ada fungsinya .

Biasanya
Jenis operasi yang umum direkomendasikan adalah operasi ‘lubang kunci’ atau istilah medisnya kolesistektomi laparoskopik. Jenis operasi ini dianjurkan karena metodenya yang sederhana dengan tingkat risiko komplikasi yang rendah.

Akan tetapi apabila bisa di keluarkan secara alami alangkah baiknya .
Maka itu para milliniers telpon lah cari tau ke 0812-275-78807 .tentang masalah kesehatan anda mengenai batu empedu , tidak ada salahnya cari-cari info agar dapat solusi yang tepat sebelum lebih parah lagi sehingga terjadi infeksi empedu .

Komplikasi Akibat Batu Empedu
Walau sangat jarang terjadi, batu empedu dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh. Salah satunya adalah inflamasi kantong empedu (kolelitiasis) ato radang empedu dengan gejala berupa:

 Rasa sakit perut yang terus menerus. Kaya usus buntu.
 Demam tinggi .akibat radang empedu (inflamasi)
 Sakit kuning. ( tanda-tanda gagal ginjal )
 Denyut jantung berdetak cepat. ( tanda-tanda terjadi clot di jantung )
Pankreatitis akut juga merupakan salah satu risiko yang berbahaya jika batu empedu masuk dan menghambat saluran pankreas. Peradangan pankreas ini akan menyebabkan sakit perut yang akan terus bertambah parah. Biasanya di mulai di kanan atas perut trus pelan-pelan ke kiri bawah baru lari ke puser .

GEJALA BATU EMPEDU

Batu empedu pada dasarnya tidak menyebabkan penyakit.(bintik-bintin). Gejala dapat muncul jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu atau saluran pencernaan lainnya. Gejala utama yang biasanya dialami adalah sakit perut yang datang secara tiba-tiba atau disebut dengan kolik bilier. Kaya mirip keracunan ato types tapi bukan ini Karena batu ato Kristal. Maka selagi kecil gampang di keluarkan disbanding sudah membesar. Rasa sakit ini dapat terjadi pada beberapa bagian perut. Di antaranya adalah bagian tengah, atas, atau kanan perut. Rasa sakit ini juga bisa menyebar ke sisi tubuh atau tulang belikat. Tanda-tanda sakit perut ini juga bervariasi, misalnya:
 Dapat muncul kapan saja ( bila kolik )
 Dapat berlangsung selama beberapa menit sampai berjam-jam.( kalo bandel , minum air hangat ato di bantu bedrest )
 Tidak akan berkurang meski sudah ke toilet, kentut, atau muntah dan sehari berak-berak lebih dari 4 kali alias diare .
 Frekuensi kemunculannya jarang akan tapi bisa dipicu oleh makanan dengan kadar lemak yang tinggi dan makan daging yang berlebihan .
Jika batu empedu( Kristal) menyebabkan penyumbatan pada salah satu saluran pencernaan, gejala-gejala berikut dapat muncul:
 Sakit perut yang terus-menerus atau selalu kembali ( sakit di ulu hati ).
 Demam tinggi.( inflamasi )
 Sakit kuning ( tanda-tanda gagal ginjal )
 Detak jantung yang cepat.( sakit di ulu hati )
 Gatal-gatal pada kulit. ( sejenis alergi )
 Diare. ( sehari lebih dari 4 kali )
 Linglung. ( senat- senut di tangan dan kaki )
 Kehilangan nafsu makan. ( binggung mau makan apa takut bisa muntah )
 Mual dan muntah.( tidak bisa terima jeruk tanda-tanda gagal ginjal )
 Rasa sakit pada pundak.( LHLnya tinggi )
Penting bagi Anda untuk mewaspadai kolik bilier ( bakteri pada usus ) walau gejalanya terasa sepele dan tidak konsisten. Segera periksakan diri Anda ke Laboratorium dengan USG jika Anda mengalami sakit perut hebat yang berlangsung lebih dari delapan jam, sakit kuning atau demam.Yang biasa di USG empedu, usus , lambung , ginjal dan ovarium .